Minggu, 25 Desember 2016

Film Tentang Guru yang Menginspirasi

Guru adalah pahlawan tanda jasa. Karna sehebat apapun guru mencerdaskan anak-anak bangsa tidak ada tanda jasa yang diberikan pada guru. Guru tetaplah guru. Selamanya akan digugu dan ditiru. Nah, guru nggak selamanya hanya transfer ilmu di kelas loh. Cerita-cerita dalam film berikut mungkin bisa memberi inspirasi buat kamu.

1. Teacher's Diary
Film Thailand yang satu ini menceritakan tentang pengalaman dua orang guru yang ditugaskan mengajar di sebuah tempat sangat terpencil dan tanpa jaringan komunikasi sama sekali. Bu Ann yang menjadi guru sebelumnya di Sekolah Kapal digantikan oleh Pak Gong yang tidak punya banyak pengalaman mengajar.

Mengajar di Sekolah Kapal yang terpencil mengajarkan mereka banyak pelajaran hidup. Sumber belajar yang terbatas, media pelajaran yang terbatas, sampai kondisi siswa yang harus tidur di sekolah karna jauhnya jarak rumah dengan sekolah. Film ini juga diangkat dari kisah nyata.

2. Freedom Writers
Diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang guru untuk membangkitkan semangat belajar para muridnya. Sebut saja guru ini Bu Erin. Bu Erin adalah guru baru di Woodrow Wilson High School, wilayah Amerika Serikat. Masih guru baru, tapi ditempatkan di kelas 'khusus' yang menampung anak-anak korban perkelahian antargeng gitu (kalau di Indonesia, semacam pelajar yang suka tawuran gitu kali ya), karena banyak guru yang tidak tahan dengan kelakuan kedua kubu ini. Di dalam kelas, kedua kubu tersebut duduk sesuai kubunya. Tidak ada anggota suatu kubu yang bergabung dengan kubu lainnya. Padahal mereka satu kelas, tapi suasananya.... ibarat 'senggol dikit bacok'.

Sebagai pendidik, Bu Erin harus cari cara untuk menghadapi murid-muridnya ini. Bu Erin meminta seluruh muridnya untuk menulis apapun yang mereka suka, bebas, di sebuah buku harian. Buku harian ini tiap harinya akan dikembalikan lagi pada Bu Erin. Ternyata cara ini berhasil! Dari tulisan-tulisan muridnya, Bu Erin akhirnya paham dengan apa yang harus ia lakukan.

3. The Queen's Classroom
Drama Korea nggak melulu tentang percintaan, orang kaya, atau remaja. Drama Korea yang satu ini berbeda. Menceritakan seorang guru garu yang mendidik murid-muridnya yang di bangku kelas 6 SD dengan caranya sendiri.

Mungkin guru baru itu terlihat sedikit agak killer, tapi apa yang didik adalah bukan hanya matematika atau bidang pelajaran tertentu, tapi bagaimana cara menghadapi realita kehiduoan yang keras ini. Film yang satu ini, bakal bikin kamu menitikkan air mata!

Nah! Itu dia film tentang guru yang mungkin bisa menginspirasi. Untuk kamu para calon guru, jadi guru yang terus menebar inspirasi, ya!



#30DWC Hari ke 22

0 komentar:

Posting Komentar