Sabtu, 30 April 2016

How to be a Good Speaker

Komunikasi adalah hal yang hampir tiap saat kita lakukan. Dalam aktivitas kita dengan orang lain sangat diperlukan yang namanya komunikasi. Jika kita tidak berkomunikasi dengan orang lain rasanya seperti kita tidak bersosialisasi dengan orang lain. Dalam komunikasi yang biasa kita lakukan adalah berbicara. Berbicara menjadi hal yang memudahkan komunikasi. Lalu bagaimana cara untuk menjadi pembicara yang baik?

Ya, terkadang kita malu atau merasa tidak percaya diri saat sedang berbicara dengan orang lain. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pembicara yang baik:

1. Make eye contact
Buat kontak mata dengan lawan bicaramu. Dengan begitu ia akan merasa diperhatikan dan tidak diabaikan.

2. Speak Clearly
Berbicaralah yang jelas. Jangan sampai lawan bicara kamu malas mendengarkan kamu berbicara karna bicaramu yang tidak jelas.

3. Be Interesting
Walaupun kamu nggak begitu tertarik dengan topik pembicaraan, usahakan kamu menghargai lawan bicara kamu. Kamu juga bisa membelokkan topik pembicaraan yang lebih menarik bagi kamu dan lawan bicara kamu.

4. Don't use one tone the entire speech
Tentu akan sedikit membosankan saat kamu berbicara banyak sekali namun dengan nada yang sama dan datar. Atur intonasi suara kamu dalam bicara akan membuat orang tertarik dengan pembicaraanmu .

5. Use Your Hands
Gunakan tanganmu dalam berbicara sebagai bahasa tubuh. Bahasa tubuh juga akan membuat lawan bicaramu tertarik. Bahasa tubuh juga bisa sebagai bentuk ekspresimu saat berbicara.

6. Speak Up
Ini yang paling penting. Kalau kamu tidak mau berbicara bagaimana kamu bisa menjadi pembicara yang baik.

Nah, tips-tips di atas bisa kamu implementasikan saat berbicara dengan lawan bicara atau di depan banyak audiens. Yang terpenting adalah kamu mau mencoba. Jangan takut mencoba dan latihan terus, ya!

This entry was posted in

1 komentar:

  1. Ngomong ga boleh datar. Apalagi minim ekspresi. Bikin ngantuk dan males nanggepin

    BalasHapus